Selamat datang di suaraguru.com!! | Anda belum login, silahkan login terlebih dahulu

Pemerintah Siap Hadiahkan Tanah Gratis untuk Guru Garis Depan

oleh: Suaraguru | dilihat: 29056 | komentar: 0
Belok Designs

#1

Suaraguru
Admin

Pemerintah Siap Hadiahkan Tanah Gratis untuk Guru Garis Depan

Pemerintah Siap Hadiahkan Tanah Gratis untuk Guru Garis Depan



Pemerintah tengah membutuhkan ribuan guru untuk ditempatkan di wilayah perbatasan dan daerah terpencil di Indonesia. Untuk menarik itu, pemerintah menyatakan siap menghadiahi satu petak tanah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengungkapkan, Kemendikbud telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah daerah (pemda) di 93 kabupaten terpencil untuk menjalankan kebijakan itu.
"Jadi kita akan berikan mereka kesempatan tanah, tanahnya dari pemda. Baru nanti tanah itu bisa dipakai untuk bangun rumah, baru rumahnya bisa kredit di perbankan, kreditnya bukan dari pemda," kata Anies seperti ditulis, Sabtu (28/5/2016).
Anies menjelaskan fasilitas tanah ini menjadi kelebihan yang termasuk dalam program Kemendikbud yang dinamakan Guru Garis Depan. Dengan fasilitas ini diharapkan para guru bisa memulai hidup baru di wilayah terpencil itu.
Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan insentif tambahan bagi siapa saja yang ingin mendaftar program Guru Garus Depan tersebut. Yang biasa guru hanya menerima gaji dan tunjangan sertifikasi, dalam program ini guru akan ditambahkan tunjangan khusus.
Masih ada lagi tawaran yang diberikan pemerintah. Para guru yang lulus seleksi untuk ditempatkan di garis depan, akan langsung dijadikan Pegawai Negeri Sipili (PNS) di pemda erkait.
"Jadi mereka bisa punya rumah, bisa muai hidup baru disana. Jadi kalau guru garis depan itu tidak seperti Indonesia Mengajar, setahun pulang. Kalau guru garis depan, mengajar di sana sampai pensiun," papar Anies.
Program Guru Garis Depan ini sudah berjalan sejak tahun lalu. Dalam tahap awal pemerintah berhasil meluluskan 798 orang guru dan siap ditempatkan di wilayah terdepan di Indonesia. Tahun ini pemerintah akan merekrut 7.000 guru untuk ditempatkan di garis depan. 
Cara Daftar Program Guru Garis Depan (GGD)
1.Harus Lulusan dari LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan)
2.Mengikuti Seleksi Program SM-3T (administrasi, tes online, wawancara, prakondisi)
3.Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T (Terdepan, terluar dan tertinggal/pedalaman)
4.Mengikuti program PPG Pasca SM-3T berasrama selama 1 tahun
5.Lulus Tes UTL dan UTN (dibuktikan dengan sertifikat pendidik)
6.Tes CPNS formasi khusus SM-3T
7. Dinobatkan sebagai Guru Garis Depan/GGD

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/

Login atau Daftar untuk bertanya dan berkomentar

© 2016 - 2017 Suaraguru - Teaching Community